Monitor Gaya Lengkung Acer XR341CK

Tak mau kalah dengan Samsung dan AOC, Acer Akhir-akhir ini meluncurkan monitor gaming melengkung yang sudah mendukung teknologi AMD FreeSync lewat seri XR341CK. Monitor Acer XR341CK ini membidik pasar kelas atas dengan bandrol harga yang terbilang cukup tinggi, yakni $1100 atau sekitar Rp 14,7 juta-an. Apa saja yang ditawarkan monitor canggih besutan Acer ini?


Acer XR341CK hadir dengan curved design atau desain melengkung dengan panel IPS (In-Plane Switching) berukuran 34 inci yang mengusung resolusi 3440 x 1440 piksel. Resolusi XR341CK besutan Acer ini memang masih belum mencapai 4K, tetapi hal ini malah memberikan keuntungan bagi gamer karena tidak perlu menggunakan kartu grafis terbaru untuk memainkan game dengan lancar.

Penggunaan panel IPS pada monitor ini membuatnya menawarka sudut pandang yang luas, yakni 172 derajat secara horizontal dan 178 derajat secara vertikal. Tak hanya itu monitor ini mampu mengkover 100 warna sRGB dan menawarkan brightness hingga 300 nits. Acer XR341CK menawarkan refresh rate hingga 75Hz dan ini dapat berubah untuk penyesuaian berkat teknologi AMD FreeSync.

Fitur AMD FreeSync ini nerupakan standar monitor yang membawa refresh rate dinamis sesuai dengan kebutuhan dan bersaing langsung dengan Nvidia G-Sync. AMD FreeSync ini menggunakan protokol opsional dari DisplayPort 1.2a dengan standar terbuka yang disebut dengan Adaptive-Sync, sehingga bebas bagi siapa saja yang akan mengimplementasikan.

Fungsi utama yang ditawarkan oleh teknologi AMD FreeSync ini serupa dengan Nvidia G-Sync, yakni menghilangkan efek tearing saat bermain game dan mengurangi shuttering. FreeSync akan menciptakan pengalaman bermain yang lebih halus dengan dukungan refresh rate maksimum dari sebuah monitor.

Seperti yang dilansir dari Toms Hardware (30/06/2015), monitor gaming besutan Acer ini dilengkapi dengan konektivitas yang lengkap, sebut saja DisplayPort 1.2, Mini DisplayPort, DisplayPort out, HDMI 2.0, empat port USB 3.0, dan port audio 3,5mm. (Sidomi)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel