Inilah LibreBox, Komputer Mini dengan OS Ubuntu MATE

INCELL, Baru-baru ini vendor komputer asal Portugal, LibreTrend, telah meluncurkan komputer mini yang menggunakan sistem operasi Ubuntu MATE melalui seri LibreBox. LibreTrend mengatakan bahwa pihaknya bangga meluncurkan komputer mini LibreBox yang didesain untuk mengakomodasi perangkat lunak bebas dan open-source untuk konsumen.


Ubuntu MATE sendiri adalah varian terbaru dari distribusi atau distro Linux yang menggunakan lingkungan desktop MATE. Desktop MATE awalnya dikembangkan oleh pembuat Linux Mint sebagai perpanjangan dari lingkungan desktop GNOME 2. MATE dikembangkan oleh orang-orang yang kurang suka dengan GNOME 3.

LibreBox besutan LibreTrend ini hadir dengan desain yang kotak dan dibalut dengan casing berwarna hitam. Ukurannya yang kompak membuat LibreTrend LibreBox cocok digunakan oleh mereka yang tak memiliki ruang untuk menampung PC desktop. LibreBox telah menggunakan sistem operasi Ubuntu MATE yang terinstal di dalamnya.

Komputer mini LibreTrend LibreBox ini tersedia dalam satu varian saja yang ditenagai oleh prosesor Intel Celeron 1037U dual-core generasi Haswell yang berlari dengan kecepatan 1,8GHz ditandemkan dengan grafis terintegrasi Intel HD Graphics. Komputer mini LibreTrend LibreBox ini didukung memori RAM sebesar 4GB DDR3L dengan kecepatan 1600MHz. Kinerja yang ditawarkan sudah mencukupi untuk komputasi ringan sehari-hari.

Komputer mini LibreTrend LibreBox mengusung dimensi yang kompak dan tak jauh berbeda dengan para pesaingnya, yakni 7.9″ x 7.9″ x 1.6″. LibreBox didukung konektivitas yang cukup lengkap, sebut saja port USB 3.0, mini DisplayPort, HDMI, Audio Jack, Ethernet, WiFi, dan Bluetooth. Secara umum, fitur konektivitas LibreBox ini tak jauh berbeda dengan komputer desktop.

Seperti yang dilansir dari Liliputing (02/07/2015), komputer mini LibreBox ini dijual dengan harga 349 euro atau sekitar Rp 5,1 juta.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel