Inilah Nova OS, Sistem Operasi Nasional Kuba Berbasis Ubuntu Linux

IN CELL, Nova OS adalah sistem operasi nasional di negara Kuba yang dikembangkan dari distribusi atau distro Ubuntu Linux. Sistem operasi Nova OS Linux ini dikembangkan di Havana, Kuba, oleh seorang mahasiswa University of Computer Sciences yang disponsori oleh pemerintah Kuba. Ini adalah bentuk dukungan pemerintah untuk membangun sebuah sistem operasi nasional yang dapat digunakan oleh pengguna biasa maupun kalangan pemerintahan.


Saat ini Nova OS versi terbaru adalah versi 4.0 yang dirilis pada 22 Maret 2013 lalu yang dikembangkan dari Ubuntu 12.04 LTS Precise Pangolin dan menggunakan lingkungan desktop Gnome 3.4 yang telah mengalami kostumisasi. Ini berarti Nova OS memiliki tampilan yang berbeda dari Ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop Unity.

Nova OS memiliki tiga edisi, yakni Escritorio, Ligero, dan Servidor. Versi Escritorio lebih dikenal dengan versi desktop PC untuk pengguna reguler. Sedangkan versi Ligero yang sangat ringan dan didesain khusus untuk komputer dengan spesifikasi rendah. Sedangkan terakhir adalah Servidor yang didesain khusus untuk server.

    “Gerakan perangkat lunak bebas lebih dekat dengan ideologi rakyat Kuba, di atas semua untuk kemerdekaan dan kedaulatan,” kata Hector Rodriguez, Direktur UCI.

Tujuan utama dikembangkannya Nova OS ini cukup jelas, yakni menggantikan sistem operasi Windows besutan Microsoft yang saat ini masih banyak digunakan di Kuba. Aplikasi yang diusung oleh Nova OS ini juga cukup lengkap, sebut saja LibreOffice, Mozilla Thunderbird, Samba, Nautilus, Wine, dan banyak lagi.

Saat ini Nova OS versi 5.0 sedang dikembangkan dan menawarkan perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Belum ada informasi mengenai kapan Nova OS akan dirilis, seperti yang dilansir dari Softpedia (28/06/2015). (sidomi)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel